Ticker

10/recent/ticker-posts

11 CIRI DAN KARAKTER APARTEMEN

unsplash.com/janjakubnanista

Apartemen sebuah gaya hunian baru yang berkembang di Indoensia sejak tahun 80an, berikut adalah ciri-ciri sebuah apartemen.


1. Berlokasi Strategis
Apartemen yang berfungsi sebagai model hunian baru harus mampu menjawab keperluan dari costumernya yang kebanyakan kalangan menengah ke atas atau eksekutif muda yang belum berkeluarga.

Mereka yang beralih ke hunian apartemen di dasarkan faktor kebutuhan akan hunian yang berada di tengah perkotaan dengan harga ekonomis serta fleksibel.

Oleh karena itu apartemen yang merupakan jawaban atas mulai berkurangnya lahan di daerah padat penduduk harus berada di lokasi yang strategis di daerah tersebut agar apartemen tersebut  ramai peminat. Berlokasi strategis merupakan poin besar untuk pembangunan sebuah apartemen.


2. Dekat dengan Transportasi Umum
Transportasi sudah menjadi hal yang wajib saat ini, ditengah tingginya penggunaan kenderaan pribadi, transportasi umum menjadi solusi bagi mereka yang jenuh menggunakan kenderaan pribadi karena alasan macet dll. Oleh karena itu sebagai penyedia hunian pengelola apartemen atau developer harus pandai-pandai mencari lokasi yang terjangkau dengan transportasi umum. Hal ini akan menjadi nilai lebih pada sebuah apartemen jika memenuhi kriteria ini.


3. Memiliki Jumlah Lantai Lebih Dari Dua
Apartemen sebagai hunian vertikal memberikan gaya lingkungan masyarakat baru, dimana kita dan "tetangga" akan hidup dalam satu bangunan yang sama dan saling berinteraksi. Apartemen sebagai model hunian baru hadir dengan banguan model vertikal yang memiliki tinggi minimal hingga 3-6 lantai.


4. Setiap Unit Hunian Memiliki Jendela Keluar
Fungsi apartemen sebagai tempat tinggal harus mampu memenuhi kriteria seperti rumah tinggal individu pada umumnya, dimana di rumah tersebut terdapat tempat aliran sirkulasi yang memberi udara segar terhadap rumah. Begitu juga dengan apartemen harus memenuhi kriteria sirkulai udara tersebut, dimana setiap hunian memiliki jendela sendiri yang menghadap keluar.


5. Dalam Satu Lantai Terdiri Beberapa Unit
Pada bangunan apartemen terdiri dari beberapa lantai dan setiap lantainya terdapat beberapa unit hunian dengan penghuni berbeda.
Setiap unit hunian juga memiliki tipe-tipe berbeda baik luas dan jumlah kamar tidurnya.


6. Setiap Unit Minimal Terdiri Atas 3 Hal
Tak ada bedanya dengan rumah biasa apartemen juga memiliki fungsi yang sama. Sebuah unit apartemen minimal harus memiliki kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Unit apartemen harus mampu menopang aktivitas sahari-hari penghuni.


7. Memiliki Layanan Komersial
Lingkungan apartemen yang memiliki banyak penghuni harus mampu memenuhi kebutuhan dasar para penghuninya termasuk kebutuhan pangan atau dapur, biasanya pada sebuah apartemen terdapat minimarket, restoran hingga salon untuk memenuhi kebutuhan para penghuni unit apartemen. Jadi lingkungan apartemen menyediakan segala kebutuhan para customernya. Oleh karena itu banyak orang yang beralih kepada apartemen karena kemudahan-kemudahan yang ditawarkan.


8. Memiliki Fasilitas Umum
Sebelum membeli apartemen biasanya para pengembang menyajikan promosi untuk apartememn mereka dan disana pasti terdapat fasilitas umum yang ditawarkan. Tidak tanggun-tanggung fasilitas umum yang dapat digunakan oleh semua penghuni unit ini biasanya dapat berupa kolam renang, taman bermain anak, fitnes center hingga jogging track.


9. Memiliki Layanan Penunjang
Ketika membeli sebuah unit hunian di sebuah apartemen hal itu tidak semerta-merta membuat pembeli tidak mendapat layanan lagi dari pengelola apartemen. Pada lantai bagian bawah akan terdapat lobby yang sedia setiap saat untuk melayani anda baik untuk kebutuhan administras, service kebersihan hingga service seperti kerusakan listrik dsb.


10. Keamanan dan Privasi Terjamin
Meskipun tinggal berdempetan dengan tetangga hal itu tidak akan mengganggu privasi anda ketika berada di dalam hunian karena pengembang sudah menyiapkan segala untuk menjamin privasi penghuni unit. Keamanan juga dapat dijamin dengan hadirnya security dengan sistem keamanan yang canggih yang akan membuat tinggal di apartemen dengan nyaman.


11. Memiliki Area Parkir
Setiap apartemen harus menyediakan lahan atau area parkir untuk para penghuninya. Pemerintah menyarankan jika lahan apartemen harus menyediakan 1:1 area parkir, arti dari 1:1 adalah dimana setiap 1 unit apartemen memperoleh sebuah area parkir dengan luas 25 meter persegi atau luas 2.25 meter dan panjang 4.5.

Namun hal ini tidak mengikat terdapat beberapa opsi tentang pengaturan lahan parkir misalnya pengaturan lahan parkir berdasarkan luas lantai banguan

Kurang dari 50 meter persegi: 1 mobil/ 5 unit hunian
Luas 50-150 meter persegi: 1 mobil/ 2 unit hunian
Lebih dari 150 meter persegi: 1 mobil/ 1 unit hunian

Posting Komentar

0 Komentar