Ticker

10/recent/ticker-posts

MATEMATIKA ARSITEKTUR, KUASAI INI KALAU MAU MASUK JURUSAN ARSITEKTUR

credit: unsplash.comd_mccullough


Dalam ilmu Arsitektur bukan hanya semata-mata membangun sebuah bangunan sesuai dengan desain atau pemikiran kita sendiri, seorang Arsitek harus mampu berpikir logis mengenai bangunan yang di bangunnya apakah bangunan itu akan dapat berdiri kokoh atau malah sebaliknya.Meskipun Arsitek tidak terlalu konsen terhadap material bangunan seirang Arsitek juga harus memiliki ilmu-ilmu dasar dalam mendirikan bangunan agar dapat menyesuaikan ketika mendesain, tidak hanya sembarangan mendesain suatu bangunan tetapi harus juga memikirkan dampak sebab akibat dari bangunan tersebut.Untuk kesempurnaan material biasanya dibutuhkan ahli dari Civil Enginering(Teknik Sipil).Kali ini kita akan bahas mengenai Matematika Arsitektur, berikut 4 materi Matematika yang harus dikuasai oleh Arsitek.

Geometri
Geometri adalah cabang dari ilmu Matematika, geometri banyak mempelajari mengenai bangunan, ruang, posisi dan sebagainya.Geometri sangat relevan dengan Arsitektur karena Arsitektur yang biasanya berkaitan dengan ruang ataupun bentuk maka dari mahasiswa Arsitektur harus mampu memahami semua atau dasar-dasar dari Geometri untuk menunjang karirnya kedepan.Ada juga yang menyarankan untuk mengambil kursus khusus untuk mempelajari Geometri yang lebih terjurus seperti "Anatomy Buildings", analisis geometri ataupun cara membuat skala dengan disain anda sendiri.

Trigonometri
Trigonometri ini memang selalu menjadi judul Matematika yang sangat horor, jika kalian lupa apa itu Trigonometri mungkin beberapa kata ini akan menyegarkan ingatan anda "sin,cos,tan" bagaimana uda ingat lagi dong.Trigonometri adalah ilmu yang mempelajari mengenai sudut segitiga yang berjumlah 3, sama halnya dengan Geometri sebelumnya Trigonometri juga sangat-sangat relevan untuk seorang yang sedang berkuliah di Arsitektur jadi jangan heran jika matakuliah ini sudah kamu temui di awal semester.Hubungan Trigonometri dengan Arsitektur adalah ketika menghitung sudut suatu bangunan yang sangat mempengaruhi terhadap kekohan, jika kamu mempelajari dengan baik ilmu Trigonometri kamu akan mampu menguasai seperti beban dinding, menahan beban, jika kamu mampu mengasai ini kamu akan mampu membuat produk dari desain kamu sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Kalkulus
Hampir semua prodi pasti mengajarkan Kalkulus, mahasiswa Arsitektur dituntut untuk memahami lebih dalam mengenai Kalkulus karena akan dapat membantu ketika menghadapi detail-detail dalam suatu konstruksi yang membutuhkan pengitungan yang rumit, dan juga ketika dalam hal penempatan produk-produk yang berkaitan dengan listrik.Ada baiknya jika kamu mahasiswa Arsitektur harus mengambil kursus Kalkulus,Kalkulus itu pelajaran yang cukup kompleks karena mencakup Integral,Differensial,Limit hingga Deret.

Finite Math
Ini merupakan kebalikan dari Kalkulus, dalam hal ini kamu akan mempelajari hubungan antar desain dan potensi keutungan.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Selamat malam. Maaf mengganggu sebelumnya.
    Apakah saya boleh bertanya, Kak?
    Saya adalah seorang pelajar SMP yang berencana untuk menjadi arsistek. Saya baru mempelajari materi geometri. Apakah Kakak berkenan memberikan saran untuk saya? Dari sekian materi yang harus dikuasai sebelum memasuki jurusan arsitektur di blog Kakak di atas, kira-kira materi apa yang harus saya pelajari terlebih dahulu agar saya dapat lebih mudah dalam mencapai jurusan arsitek nanti?
    Terimakasih, Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pelajar tapi saya pelajar SMA, saya sih berpikir gini yah, kita kuatkan dlu dasar dengan baik, jika dasar nya sdh kuat wel apapun itu akan jadi relevan dengan kita, jujur saya pelajar SMA tetapi ingin belajar yg mendasari atau saya sebutnya TPB tahap penetrasi belajar nah tahap saya di sini adalah mengulang dasar dasar matematika dari SD SMP dan SMA dengan bertahap wel klw dasarnya kuat yakni pasti akan kuat juga pemahamannya itu sih logikanya, saya ga pikir mau di bilang terlambat toh, yg lain sdh belajar d-e saya msih di a tapi belajar dasar ny dlu, nah makanya itu manfaatkan waktu dan belajar dengan baik, jujur masa SMP saya ga pernah belajar matematika krna guru nya ga pernah nerangin pelajaran, jadinya saya malah ga belajar, salah saya si ga belajar, itu sih pengalaman ku, ohiyah matematika SMP itu sangat erat kaitannya dengan fisika di SMA jadi semangat✊

      Hapus