Ticker

10/recent/ticker-posts

Fungsi Tower atau Menara | Arsitektur

Fungsi Tower atau Menara

unsplash.com/notethanun
Tower atau menara merupakan jenis bangunan yang umum kita jumpai di berbagai negara, keberadaan bangunan ini sangat penting karena memiliki beberapa fungsi yang sangat dibutuhkan dan membantu masyarakat, selain itu tower atau menara dapat menghias dan memberi estetika pada suatu kota, berikut adalah beberapa fungsi dari tower atau menara, fungsi tower adalah:
 
 
1. Fungsi Observasi dan Pengawasan

unsplash.com/kahonoii
Ukuran tower yang tinggi memungkinkan untuk melihat area disekitar dengan lebih jelas, seperti fungsi mercusuar di laut dan kastil di darat. Selain itu dapat juga digunakan oleh pengunjung melalui teleskop yang terdapat pada deck tower.
 
 
2. Fungsi Landmark dan Ikon

unsplash.com/notethanun
Tower sering dijadikan sebagai landmark atau ikon suatu daerah dengan menciptakannya sekhas mungking sehingga mampu merepresentasikan daerah dimana tower ini berada. Ukurannya yang sangat monumental membuat tower mudah terlihat dan menarik perhatian pada suatu kawasan.
 
 
3. Fungsi Transmisi

unsplash.com/notethanun
Tower sangat sering digunakan sebagai pemancar yang berfungsi menyalurkan dan merekayasa sinyal informasi yang kemudian berubah menjadi berupa gambar (video) atau suara. Tower transimisi berada pada bagian atas atau ujung dari suatu tower, sering digunakan stasiun televisi hingga perusahaan telekomunikasi.
 
 
4. Objek Wisata

unsplash.com/ilvagabiondo
Tower memiliki jenis pola struktur yang beragam, masing-masing bentuk struktur menjadi estetika bangunan, ditambah ukurannya yang menjulang tinggi menjadikannya terlihat megah dan mudah untuk menarik perhatian, jadi tidak heran banyak wisatawan menjadikan tower suatu kota untuk menjadi salah satu destinasi wisatanya, seperti menara eiffel.
 
 
5. Fungsi Monumen

instagram.com/maiwenlovesjapan
Selain beberapa fungsi diatas terdapat juga menara yang digunakan sebagai monumen, baik itu monumen untuk penghargaan untuk tokoh individu, kelompok, atau untuk memperingati tradisi tertentu, simbol, hingga kepercayaan.
 
 
5. Fungsi Komersial

unsplash.com/rleine
Pada suatu tower pada umumnya terdapat beberapa fungsi lain selain fungsi utama dari tower tersebut, diantaranya yang sering ditemui adalah mnejadi fungsi komersial seperti terdapatnya suatu kafe, aula, ruang pameran, restoran, spa, bahkan hotel.
 
 

Posting Komentar

0 Komentar