Ticker

10/recent/ticker-posts

ELEMEN ARSITEKTUR ISLAM DALAM MESJID


unsplash.com/konevi

Four Iwan
Four Iwan adalah sebuah gerbang untk masuk ke area/halaman mesjid yang terdapat pada 4 sisi mesjid yaitu di sisi utara, selatan, timur dan barat.Four Iwan dicirikan dengan gerbang besar memiliki kubah atau kepala gerbang, kepala gerbang bisa berbentuk kubah ataupun bentuk yang mencirikan adat atau kearifan lokal daerah tersebut, asalkan tidak menyalahi aturan Islam.


Mihrab
Mihrab merupakan bagian mesjid yang sangat penting, karna mihrab merrupakan tempat pemimpin/imam sholat ketika dilaksanakannya sholat, posisinya di bagian terdepan suatu mesjid dan mengarah ke kiblat.Mihrab biasanya berukuran 3x3 meter ataupun 2x2 meter sesuai dengan ukuran mesjid. Mihrab biasanya dihiasi dengan ornamen-ornamen islam, geometri islam ataupun kaligrafi, yang tidak diperbolehkan adalah lukisan atau ornamen yang mengarah pada makhluk hidup seperti manusia dan hewan, tumbuhan diperbolehkan.
Mimbar
Mimbar merupakan panggung kecil di bagian paling depan shaf berada di samping Mihrab, mimbar berbentuk seperti panggung kecil, mimbar berfungsi sebagai panggung untuk berkhutbah yang biasanya digunakan pada saat sholat Jum'at.Pada umumnya mimbar terbagi menjadi bebrapa model misalnya seperti model mimbar yang memiliki anak tangga di bagian depan, belakang ataupun di samping tapi pada umunya posisinya berada di depan ataupun belakang, perbedaan mimbar selanjutnya adalah pada atap dan pintu terkadang ada yang memiliki pintu dan atap terkadang ada juga yang tidak memiliki atap. Mimbar biasanya dihiasi dengan ukiran-ukiran islami, dan dihiasi warna islami.
Lengkungan
Lengkungan merupakan bagian yang sudah sangat melekat pada arsitektur islam, lengkungan pada arsitektur islam yang biasa terdapat pada mesjid biasanya berbentuk kubah atau berbentuk setenagh semi lingkaran.Lengkungan biasanya berada di pintu masuk mesjid, gerbang, penghias pondasi ataupun di bagian atas mihrab dan mimbar. Lengkungan dihiasi warna-warna islami dan di hiasi ornamen-ornamen islam.

Pemetaan Mesjid/Site Plan
Secara keseluruhan Pemetaan merupakan hal yang sangat penting dan kritis dalam perencanaan sebuah mesjid, dalam pembangunan mesjid kita harus memahami apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan ketika berada di mesjid, perencanaan letak-letak ruangan pada mesjid sangat penting agar tidak menyalahi aturan sesuai islam.

Pemetaan mesjid yang keliru karen toilet pria dan wanita bersebelahan

-Pemetaan letak tempat wudhu(toilet):
Pemetaan letak Tempat Wudhu/Toilet wanita sangatlah penting, toilet/tempat wudhu wanita harus berada di lokasi yang cukup mudah dijangkau ke mesjid, kalau bisa ruangan mesjid dan ruang tempat wudhunya harus menyatu, jika tidak tempat penghubung  mesjid dengan tempat wudhu/toilet harus tertutup agar jamaah wanita nyaman ketika keluar masuk mesjid ke tempat wudhu.

-Lokasi Tempat Wudhu/Toilet Pria dan Wanita
Lokasi ruang tempat wudhu pria dan wanita harus berjauhan, penataan ruang wudhu yang baik adalah, ruang wudhu pria berada di sisi kiri mesjid dan ruang wudhu wanita berada di sisi kanan mesjid atapun sebaliknya, yang terpenting dari pemetaan lokasi tempat wudhu ini adalah menghindari sirkulasi bersilang(bertabrakan) antara jamaah pria dan wanita, yang tentu saja mengurangi kenyamanan wanita ataupun pria.

Halaman
Halaman pada mesjid pada sekarang ini memiliki peranan cukup penting, bukan hanya sekedar penghias(taman) sekarang fungsi halaman sudah lebih sering digunakan untuk lahan parkir kenderaan, karena jaman sekarang semua orang menggunakan kenderaan pribadi untuk bepergian kemana-kemana, maka dari itu penataan lahan parkir pada mesjid harus diperhatikan ada baiknya dibuat sekat berupa tanda yang menandakan lahan parkir, untuk menghindari parkir secara sembarangan, karena jika ada yang parkir sembarangan maka ada kemungkinan pengendaraan yang lain akan kesulitan mengeluarkan kenderaannya karena terhalang oleh kenderaan lain.

Geometri Islam
Geometri islam merupakan warisan budaya Islam, pola geometri islam biasanya ditandai dengan pengulangan pola bentuk lingkaran,segitigaa ataupun bentuk linnya.Pola geometri sering ditemui di dinding mesjid, karpet, dll.


Posting Komentar

0 Komentar